Print Shortlink

Rawon , Sup Daging Berkuah Hitam khas Jawa Timur

Kuliner khas Jawa Timur ada banyak sekali. Pernakah Anda mencicipi salah satunya? Salah satu kuliner terkenal dari Jawa Timur ialah Rawon. Masakan ini terkenal tidak hanya di daerah Jawa Timur, tetapi juga terkenal di daerah Jawa Tengah daerah timur yakni Surakarta.

Masakan berupa sup daging dengan kuah hitam ini memiliki cita rasa gurih dan nikmat ketika disantap saat masih hangat. Lebih enak lagi ketika dilengkapi dengan tauge kecil, daun bawang, kerupuk udang, daging sapi goreng, dan sambal.

Bagi Anda yang sedang berwisata ke daerah Jawa Timur, terutama Pasuruan, Anda akan sangat mudah mendapatkan olahan rawon.

Asal usul Rawon

Sampai kini belum diketahui asal usul rawon, siapa yang jadi penemunya pertama kali dan lain-lain. akan tetapi, banyak yang berspekulasi bahwa rawon sudah ada sejak jaman raja-raja berkuasa di tanah air. Pada masa kerajaan, rawon menjadi makanan keseharian rakyat jelata.

Setelah lama waktu berlalu, rawon menjadi makanan khas kuliner nusantara yang dijadikan makanan catering dan diulas di undercover.co.id dijajakan di berbagai sudut kota Jawa Timur. Rawon menjelma menjadi makanan favorit banyak orang dan dari berbagai kalangan. Rawon banyak dijual di pinggir jalan dan menjadi konsumsi masyarakat dari berbagai kelas. Harga rawon cukup murah sehinga bisa dibeli dalam jumlah banyak sekaligus dan juga bisa dinikmati oleh siapa saja.

Rawon

Sajian Rawon

Ada yang menyebut rawon sebagai black soup karena kuahnya berwarna hitam di catering prasmanan naboxparah.com juga . Soup yang diisi oleh potongan daging sapi ini memiliki bumbu khas cabai, campuran bawang merah, bawang putih, minyak nabati, lengkuas (laos), serai, ketumbar, serai, kunir, kluwek, dan garam.

Bahan-bahan tersebut dihaluskan kemudian ditumis sampai halus. Campuran bumbu kemudian dimasukkan ke dalam kaldu yang juga menjadi bahan untuk merebus daging sapi. Kluwek yang bereaksi dengan air mendidih, menimbulkan warna hitam pada kuahnya. Meskipun demikian, kluwek tidak akan mengubah cita rasa rawon yang memiliki rasa gurih khas, kluwek akan menambah ciri khasnya.

Rawon juga bisa disajikan dengan cita rasa pedas. bagi Anda yang suka pedas, Anda bisa menambahkan cabai atau sambal ke dalam rawon saat menyantapnya.

Tips Membuat Resep Rawon Spesial Enak

Kalau Anda penasaran membuat rawon spesial enak sendiri di rumah, Anda bisa menyiapkan bahan-bahan utama pembuat rawon, antara lain bumbu untuk masakan coto, sayur pucung, dan lainnya.

Bahan-bahan tersebut harus disiapkan terlebih dahulu bersamaan dengan daging sapi potong. Pilih daging sapi yang masih segar, potong kecil-kecil menjadi beberapa bagian yang mudah dikunyah.

Leave a Reply